Liputan Sains dan Tantangannya (1)

By Kabar Pulau 19 Jun 2020, 16:28:59 WITLingkungan Hidup

Liputan  Sains dan Tantangannya (1)

Penulis: Mahmud Ichi/wartawan kabarpulau.co.id 

Liputan bidang sains itu bukan sesuatu yang baru. Ada dua jenis liputan,  yang selama ini dipublikasikan media baik daring maupun luring,  yakni  health journalism dan  enviromental journalism. Keduanya  adalah bidang isyu yang terbilang cukup menyita perhatian publik. Health journalism (jurnalisme kesehatan,red)  sejak Desember 2019 hingga kini, menjadi  liputan paling spektakuler  ketika badai  Corona Virus Disease (Covid-19) menyerang penduduk bumi hingga saat ini. Begitu juga dengan jurnalisme lingkungan (environmental journalism) menjadi salah satu isyu yang terbilang seksi dan menjadi perhatian ummat manusia saat ini. Dua bidang sains ini cukup besar dan memiliki banyak persoalan yang perlu ditelaah dan didalami dengan  berbagai pendekatan sains.

Hal ini dibahas dalam sebuah diskusi  yang digelar oleh komunitas Jurnalis sains atau  Society of Indonesian Scince Journalism (SISJ) dalam sebuah diskusi online awal April lalu. Diskusi ini menghadirkan tiga pembicara yang kenyang pengalaman sebagai Jurnalis sains dan lingkungan di Indonesia. Mereka adalah  Harry Surjadi,  Ahmad Arief  dan Dyna Rochmiyaningsih. Harry adalah  mantan wartawan kompas dan telah bekerja sebagai journalis sains dan lingkungan kurang lebih 25 tahun ini. Harry juga menerima berbagai fellowship dan beasiswa liputan di bidang yang sama di beberapa Negara di dunia.

Tulisan diskusi ini akan diturunkan berseri  untuk tiga narasumber di atas.  Yang pertama adalah  penjelasan Harry Surjadi   soal  science  journalism.

Menurut  Harry,  health journalism  membahas persoalan kesehatan dan medis. Termasuk obat dan jug

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar