Kondisi Lingkungan Maluku Utara Butuh Perhatian

By Kabar Pulau 17 Jun 2020, 07:44:07 WITLingkungan Hidup

Kondisi Lingkungan Maluku Utara Butuh Perhatian
Keruhnya air laut tanjung Obolie Gebe Halteng akibat aktivitas tambang nickel

Penulis Mahmud Ichi Wartawan Kabarpulau.co.id

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 2020 ini mengambil  tema  “Time For Nature” yang mengajak  penduduk dunia menyadari bahwa makanan yang dimakan, air yang diminum, dan ruang hidup di planet yang ditinggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam (nature) sehingga harus dijaga kelestariannya. Sayangnya apa yang didengungkan ini  berbanding terbalik dengan kondisi  saat ini.  Di Provinsi Maluku Utara khususnya, misalnya belum beranjak baik. Persoalan deforestasi  dan industri ekstraktif,  masih massive terjadi.

Beberapa lembaga di Maluku Utara yang selama ini concern  menyuarakan isyu lingkungan ini angkat bicara  terkait persoalan ini.

 

Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Maluku Utara misalnya, melihat problem lingkungan hidup di Maluku Utara tidak menjadi isu strategis yang dapat dijadikan pertimbangan mendasar dalam pengambilan kebijakan. Pertimbangannya lebih dominan berkaitan dengan ekonomi dan politik. Karena itu jangan heran probelem kerusakan lingkungan, termasuk hilangnya hak masyarakat adat atas ruang hidupnya,  dari dulu sampai sekarang tidak terselesaikan.

Data BPS 2018 misalnya ada 216 Desa di Malut tercemar air limbah pertambangan, belum lagi air tanah, udara dan baku mutu air laut dalam kondisi kritis. Juga ada sebagian besar Daerah Aliran Sungai (DAS) Kepulauan  yang dilaporkan dalam keadaan kritis akibat kegiatan eksploitasi tambang di bagian hulu. Belum lagi  makin terbatasnya akses  dan ruang hidup masyarakat. “Ini masalah dari dulu, cuma dibiarkan pemerintah. Pemerintah tidak serius menyentuh soal ini. Industri pertambangan yang masuk juga  makin massive , apalagi dengan pengesahan hasil revisi UU Minerba yang tidak lagi mewajibkan h

Tulis Komentar Facebook

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Lihat Semua Komentar

Tulis Komentar